Ditemukan Perahu Abad Ke 7

shares |

Perahu Kuno Abad Ke 7
Pada bulan juni 2008 penduduk desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, tanpa sengaja menemukan perahu di kedalaman 2 meter yang membujur arah timur barat, kita mereka sedang menggali tanah untuk membuat tambak garam. Lokasinya hanya berjarak sekitar 500 m dari bibir pantai, dengan sekelilingnya merupakan tambak tambak garam.



Temuan perahu ini menggemparkan saat itu, tidak hanya dilingkungan masyarakat setempat, tetapi juga di kalangan para peneliti.
Bangsa Pelaut
Dalam sejarah Maritim di Nusantara, perahu kuno punjulharjo merupakan temuan yang sangat penting, selain berumur tua, perahu Kuno Punjulharjo ini adalah satu-satunya perahu kuno yang telah ditemukan relatif utuh. ukurannya yang besar, mencapai 18 m menyiratkan bahwa perahu tersebut digunakan untuk keperluan pelayaran jarak jauh.
Konservasi Berkelanjutan
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan melelui Direktorat Jenderal Kebudayaan, berupaya mengkonservasi perahu kuno punjulharjo untuk mencegahnya dari kerusakan. Konservasi perahu kuno ini merupakan konservasi kayu basah ( waterlogget wood ) terbesar yang pertama dilakukan di Indonesia.
Kegiatan konservasi perahu kuno Punjulharjo dilakukan secara bertahap, dimulai sejak tahun 2011 dan direncanakan berakhir tahun 2018
Didaerah daerah kepulauan di wilayah asia tenggara, pada masa lalu memang telah berkembang tradisi pembuatan perahu dengan teknologi yang khas, yaitu dengan menggunakan ikatan tali ijuk dan pasak kayu untuk membentuk badan perahu atau lebih dikenal sebagai teknik papan ikat dan kupingan pengikat ( sew-plank and lushed-plug technique ).Teknik ini yang terlihat dalam kontruksi perahu kuno punjul harjo
Balai Arkeologi yogyakarta dengan penelitiannya, berupaya mengungkap rahasia keberadaan perahu kuno tersebut, termasuk umurnya.
Analisis radiokarbon terhadap sempel tali ijuk perahu di Beta Analytic Radiocarbon Laboratory, Miami, Florida, USA menunjukkan bahwa perahu kuno Punjulharjo berasal dari abad 7 - 8 Masehi.
Perahu kono tersebut sekarang berada di Taman Konsevasi Perahu Kuno Punjulharjo yang berjarak skitar 500 m sebelah barat dari Pemukiman Masyarakat Desa Punjulhajo Rembang

Related Posts