Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Sumber Semen Sale

shares |

WisataRembang.com; Wisata Alam Hutan Sumber Semen menjadi salah satu obyek wisata alam favorit dan tertua di Rembang. Letaknya di desa Tahunan Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Taman Wisata Alam Sumber Semen (TWA-SS) ditetapkan sebagai kawasan wisata alam oleh pemkab rembang berdasarkan Surat Keputusan menteri Pertanian No. 54/Kpts/Um/2/1975 pada tanggal 17 Februari 1975 seluas 17,1 Ha.

Kawasan ini secara geografis terletak antara 6’ 52’18,41’ LS-6’52’40,45”LS dan 111’3214,84”BT-111’32’58,21”BT.

Berdasarkan Administrasi Pemerintahan, TWA Sumber Semen termasuk dalam wilayah Desa Gading, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang.

Sungai walanggabeng wisata Sumber Semen Sale-Rembang

Menurut klasifikasi tipe iklim Schmidt dan Ferguson, wilayah TWA Sumber Semen termasuk dalam tipe iklim C. dengan curah hujan pada tahun 2009 sebesar 1.202 mm dengan jumlah hari hujan sebanyak 68 hari.
Kawasan TWA Sumber Semen terletak pada ketinggian 140 meter dpt dengan topografi datar, bergelombang dan sedikit miring ketengah kea rah Sungai Walanggabeng. Daerah datar meliputi lebih kurang 90% dari seluruh kawasan, dengan derajat kemiringan 1’-3’. Daerah datar terletak dibagian Timur, sedangkan yang sedikit miring terletak di bagian barat.

Potensi Kawasan

1. Flora

TWA Sumber Semen terdiri dari dua tipe hutan yaitu Hutan Alam dan Hutan Tanaman. Jenis-jenis flora berkayu yang berada di kawasan wisata ini antara lain: Jati, Saputangan, Mahoni, Winong, Kemangir, Regula, Kepel, Wungu, dan Serut. Sedangkan jenis tanaman hias yang ditemukan adalah jenis Anggrek ( Rhyncostylis retusa dan Cymbidium sp.) dan Paku-pakuan.

2. Fauna

Taman Wisata Alam Sumber Semen juga memiliki beragam fauna didalamnya, keragaman fauna yang terdapat diwisata ini antara lain Monyet ekor panjang (macaca fascicularis), Lutung (Trachypithecus auratus), Ayam hutan (Gallus sp.) Kutilang (Pycnonotus aurigaster), Kacer (Lopsycus saularis), Elang hitam (Ictinaetusmalayensis) dan ditemukan banyak jenis kupu-kupu dan ketonggeng (Thelyphonidae). Ketonggeng hampir tersebar di semua kawasan dan merupakan jenis hewan beracun, sehingga pengunjung kawasan perlu berhati-hati pada saat berada didalam kawasan wisata ini, terutama pada saat musim penghujan.

3. Potensi Non Hayati


TWA Sumber Semen memiliki beberapa sumber mata air. Sumber mata air tersebut bernama Sumber  Semen dan Sumber Sewu. Symber semen berada di tepi kolam pemandian, sedangkan sumber sewu berada di bawah pohon-pohon besar yang berjejer dipinggir sungai sehingga membentuk aliran sungai Walanggabeng.

Kolam pemandian di Sumber Semen Sale

TWA Sumber Semen memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, antara lain seperti:
  • Arena perkemahan
  • Arena bermain anak
  • Kolam renang (Pemandian)
  • Shelter-shelter
  • Ruang informasi dan fasilitas lainya seperti tempat ibadah.
Dikawasan wisata hutan ini dahulunya juga terdapat goa yang disebut dengan Goa Rambut. namun saat ini goa ini sudah rusak dan tidak terawat. "Sayang Sekali".

Lokasi Wisata Sumber Semen


Lokasi wisata alam sumber semen ini berada di wilayah hutan alam Desa Gading, Kecamatan Sale, Rembang. Untuk mencapai lokasi TWA Sumber Semen ini adalah dari kota Rembang ke arah tenggara menuju Desa Terongan, dari sini belok kanan melewati Desa Joho, Jinanten dan Desa Gading. Jarak yang harus ditempuh ± 52 km, dengan kondisi jalan cukup baik dan dapat ditempuh selama satu setengah jam, sedangkan jika ditempuh melalui Blora menuju ke Desa Jepon terus ke arah timur laut sampai ke Desa Gading. Jarak yang harus ditempuh selama 1 jam dengan kondisi jalan yang tidak begitu baik.

Gerbang gapuro masuk wisata alam sumber semen Sale Rembang

Jika anda ingin menginap atau bermalam bisa di rumah warga sekitar atau dirumah kepala Desa, Atau juga bisa di Hotel yang ada di Kota Rembang.

TWA Sumber semen dulunya merupakan tempat yang nyaman dan bersih serta menyenangkan. Namun sangat disayangkan sekali, ekarang saat ini kawasan wisata ini seakan tidur dan tidak terurus. Seperti misalnya kolam yang sudah kumuh dan lusuh serta tidak terawat, taman bermain yang jorok dan sudah tidak indah lagi karena kotor dan rusak, akses jalan yang tidak diperbaiki.

Ini jelas harus menjadi perhatian oleh pemerintah kabupaten dan dinas terkait. Padahal kawasan wisata alam sumber semen disini sangat potensial jadi kawasan wisata favorit di rembang jika dikelola dengan maksimal.
Google Map  Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Sumber Semen Sale

Related Posts