Napak Tilas Sejarah Goa Joglo, Goa jagung, dan Goa Nganten Desa Pasucen Rembang Jateng

shares |

Wisatarembang.com; Setiap tempat memiliki sejarah dan keunikannya tersendiri, termasuk Goa Joglo, Goa Jagung dan Goa Nganten di Desa Pasucen rembang Jawa tengah ini. Banyak sekali goa-goa yang ada di Rembang, sebuah kabupaten yang terletak di paling ujung Jawa tengah ini. Namun dalam kesempatana kali ini, kami akan bagikan sedikit sejarah Goa Joglo, Goa Jagung dan Goa Nganten.

Gambar Goa joglo goa jagung dan goa nganten desa Pasucen Rembang Jawa tengah
Goa Pasucen


Selama ini jika kita mendengar nama Rembang, maka yang terlintas di benak orang yang mendengar adalah Ibu kartini atau Dampo Awang Beach. Tapi ternyata Rembang tidak hanya punya itu. Ada banyak tempat wisata yang belum terekspose sehingga tidak begitu di ketahui banyak orang.
Goa Joglo, Goa Jagung dan Goa nganten terletak di Desa Pasucen Kecamatan Gunem sekitar 15 km dari Kabupaten Rembang. Tentang tahun kapan Goa ini di temukan, tidak ada yang tahu pasti, goa ini sudah ada sejak dulu.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, dahulu di tempat tersebut terjadi pertempuran hebat antara Sunan Bonang dengan Blancak Ngilo. Dalam pertempuran itu Blancak Ngilo kalah lalu lari dan bersembunyi di Desa Pasucen. Sunan Bonang yang mengejarnya pun kehilangan jejak, sehinggga ia tidak menemukan keberadaan Blancak Ngilo. Kebetulan pada  saat itu di Desa Pasucen ada sebuah acara mantenan di sebuah rumah Joglo di tengah-tengah kebun jagung. Sunan Bonang beberapa kali mencoba menanyakan keberadaan Blancak Ngilo kepada orang yang berada pada pesta tersebut. Namun tak seorangpun menjawab pertanyaan Sunan Bonang. Sunan Bonang marah besar dan di kutuklah tempat itu menjadi Goa. Yang saat ini kita kkenal dengan sebutan Goa Pasucen meliputi Goa Joglo, Goa Jagung, dan Goa Nganten.

Bukti sejarah dari cerita tersebut adalah adanya arca sepasang pengantin di dalam goa Nganten. Namun saat ini kondisinya sudah agak rusak, karena kurangnya perawatan. Padahal bila ada pengelolaan yang lebih baik lagi, sebenarnya ada begitu banyak hal yang bisa di explore dari Kabupaten Rembang ini. Sehingga sedikit banyak mampu menjadi alternatif pilihan wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun manca.


Related Posts