Menikmati Keindahan Goa Kare Pamotan Rembang Jawa Tengah

shares |

Goa Kare terletak di atas perbukitan sebelah timur  Desa Pamotan  Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Sebenarnya ada dua Goa yaitu di sebelah barat dan timur. Ukuran Goa lumayan panjang dan di dalamnya banyak di temukan kelelawar juga hewan endemik lainnya seperti kalacemeti dan serangga unik. Namun Goa yang di sebelah timur yang lebih luas. 

Gambar Goa Kare Tajen Pamotan rembang Jateng
Goa Kare Pamotan


Menurut cerita dari masyarakat setempat, dulu sempat ada penambangan di Goa Kare. Namun karena Goa Kare masih ikut wilayah Perhutani, penambangan batu fostat akhirnya di hentikan. Hal ini di lakukan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan juga keselamatan penduduk sekitar.

Untuk sampai ke Goa Kare, bisa di tempuh dari Koramil Pamotan, menuju arah timur. Bagi pengguna sepeda motor, walaupun sepeda motor bisa naik, tetapi tetap tidak sampai ke lokasi Goa. Sepeda motor harus di parker dulu, setelah itu berjalan kaki sekitar 300 meter barulah sampai ke lokasi Goa. Buat anda yang takut akan ketinggian sebaiknya berhati-hati, karena sebelum mencapai mulut Goa perjalanan akan melewati medan yang cukup curam dengan ketinggian sekitar 40 derajat. Namun jangan khawatir, perjalanan yang melelahkan akan segera terbayar dengan pemandangann yang di suguhkan. Anda akan menjumpai sungai purba dengan batuan yang tersusun rapi dengan semilir angin yang akan menyejuk kan dan menghilangkan keringat serta lelah anda.

Saat anda memasuki Goa, udara semakin sejuk karena di beberapa sisi terlihat tetesan air dari atap Goa. Seperti Goa karst pada umumnya, di Goa Kare juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang menjadi ornament di dalam Goa.

Buat anda yang suka berpetualang atau ngebolang tak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Goa kare ini. Semoga dengan banyaknya pengunjung mampu mendongkrak potensi wisata di Goa Kare. Sehingga semakin menambah tempat wisata di Rembang yang layak untuk di kunjungi.

Related Posts