4 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan

shares |

Gambar persiapan sebelum melakukan perjalanan ke tempat wisata

Wisatarembang.com; Melakukan perjalanan ke tempat wisata favorit tentunya jadi suatu kegiatan yang menyenangkan buat anda. Namun, ada hal-hal yang perlu anda persiapkan sebelum pergi melakukan perjalanan ke tempat wisata.

Travelling adalah sebuah hobi yang menyenangkan, namun bisa jadi tidak menyenangkan jika tidak adanya persiapan yang cukup untuk melakukannya. Dan pastinya Anda tidak mau kan, acara yang dirancang akan adanya banyak hal yang menyenangkan jadi berantakan hanya karena kurangnya persiapan. Anda tentunya tak mau kan, jika liburan yang dinanti-nantikan malah jadi nightmare ujungnya.

Berikut ini setidaknya ada 4 hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan ke tempat wisata favorit.

Lakukan riset Lokasi yang akan di kunjungi

Hal pertama dan utama yang harus Anda tahu sebelum melakukan travelling adalah menyiapkan rencana perjalanan. Mulai dari menyiapkan sebanyak mungkin informasi tentang daerah yang akan Anda kunjungi. Meluangkan waktu sejenak untuk browsing lokasi yang akan di kunjungi tak ada salahnya jika Anda tidak mempunyai peta lokasi tersebut. Jika tak ada peta, paling tidak ada denahnya. Selain itu, pelajari juga tentang aksesnya dan akomodasi, jenis kendaraan yang tersedia serta penginapan yang bisa Anda sewa. Pelajari juga tentang karakter daerah yang akan dikunjungi meliputi iklim dan topografinya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan barang-barang apa saja yang harus di bawa semisal harus survival. Tentang kebiasaan masyarakat sekitar juga tak boleh Anda lewatkan. Barangkali ada pantangan-pantangan tertentu yang tidak bisa di langgar oleh orang asing, termasuk wisatawan seperti Anda. Intinya kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang lokasi yang akan dikunjungi.

Buatlah Itinenary (Jadwal Perjalanan)

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui banyak informasi mengenai lokasi tujuan Anda adalah membuat itinenary atau jadwal perjalanan.  Jika anda memiliki lebih dari satu tujuan yang akan Anda kunjungi, pastikan Anda memiliki jadwal perjalanan yang memperkirakan atau mengatur kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan di suatu tampat. Sehingga Anda tidak akan kehabisan waktu atau melewatkan kesempatan di tempat tujuan selanjutnya.

Jangan lupa buat sebuah catatan

Satu hal yang kadang terasa sepele tapi sebenarnya penting adalah membuat catatan. Tidak hanya catatan tentang perjalanan Anda. Tetapi catatan ini berguna untuk mencatat barang-barang apa saja yang nantinya anda butuhkan selama travelling. Dengan mencatat barang-barang tadi, kemungkinan besar meminimalisir barang tertinggal dirumah, padahal sebenarnya barang tersebut sangat anda butuhkan. Dengan catatan pula, Anda terhindar dari kehilangan barang yang mungkin bisa saja tertinggal ditempat yang Anda kunjungi. Dengan catatan pula, Anda bisa menentukan barang mana yang paling di perlukan dan yang kurang perlu. Sehingga Anda tidak perlu membawa banyak barang yang nantinya malah merepotkan selama perjalanan.

Bawa kartu identitas

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Kartu identitas diri. Misalkan anda sedang travelling bersama suami/istri, jangan lupa untuk membawa surat nikah. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga bila nanti Anda akan menginap di penginapan atau hotel. Selain kartu identitas, ATM juga nomor-nomor telepon penting juga jangan lupa, bisa jadi akan Anda perlukan selama perjalanan. Atau jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa segera member kabar pada kerabat atau segera mencari bantuan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan. Selamat menikmati liburan Anda.

Related Posts