10 Tips Wisata Hemat Namun Tetap Menyenangkan

shares |

Gambar paket wsiata murah untuk liburan hemat dan menyenangkan

Tujuan utama berwisata adalah menikmati waktu dengan menghibur diri dengan suasana baru di tempat yang sudah menjadi pilihan bersama orang-orang spesial.

Saat waktu dan keadaan memaksa kita harus pergi berlibut kesalah satu tempat wisata, tetapi keadaan ekonomi kurang mendukung tentu menjadi salah sat masalah tersendiri, apalagi kita sudah berjanji ke anak-anak, pacar, atau istri untuk pergi berlibur di saat itu. Apa yang akan anda lakukan? Hehe.. tak perlu panik!

Wisata atau liburan tidak musti dengan biaya mahal. Kita bisa kok berlibur dengan hemat tanpa banyak keluar duit.

Anda dapat memilih lokasi wisata alternatif sebagai pilihan liburan hemat yang tepat disaat kondisi kantong yang kurang mendukung.

1. Survei Lokasi

Survei lokasi tujuan wisata sangat perlu dilakukan jauh-jauh sebelum anda pergi berlibur. Banyak orang melakukan perjalanan wisata, namun bingung begitu sampai di tempat tujuan. Hal itu terjadi karena sebelum berangkat mereka tidak mencari tahu kota atau negara yang akan dikunjungi. Padahal, tempat-tempat wisata tersebut pasti bisa dilihat di internet atau di buku-buku wisata.
Survei lewat internet atau persiapan jauh sebelumnya sangat penting dilakukan karena Anda bisa mengetahui apakah ada diskon atau potongan harga, mulai dari tiket pesawat atau hotel. Atau mencari tempat belanja oleh-oleh yang terjangkau seperti pasar tradisional.

2. Siapkan dan bawa uang secukupnya

Jangan sampai Anda kehabisan uang saat di perjalanan. Jadi, pastikan memiliki uang yang cukup agar Anda tidak bingung. Tentu saja bukan untuk dibelanjakan semuanya. Anda harus tetap mengawasi pengeluaran dengan mencatatnya. Sekaligus menahan diri  dan bertanggung jawab atas apa yang sudah dibelanjakan.

3. Tiket Pesawat yang murah atau sednag promo

Lakukan survei harga tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumanda berangkat. Pastikan anda memperoleh informasi pariwisata selengkap mungkin. Mulailah memeriksa harga tiket murah atau promo. Jika Anda belum yakin dengan harganya, periksa lagi tiap beberapa hari, siapa tahu ada penurunan harga. Saat harga turun segera lakukan pemesanan. Jika keberangkatan masih lama, jangan lupa mencatatnya.

4. Pilih waktu liburan disaat bukan musim liburan

Biaya perjalanan akan lebih murah jika pergi di saat bukan musim liburan, atau di awal dan akhir liburan. Selain itu, jika Anda menikmati suasana yang tidak terlalu riuh karena banyak orang, ini waktu yang tepat. Pergi di musim liburan, membuat tempat-tempat wisata dipenuhi banyak orang.
Ilustrasi liburan. (thinkstockphoto)

5. Cari Layanan Gratis  

Selain mencari hotel yang bagus, lihat juga tarif kamarnya, siapa tahu ada penawaran khusus, seperti menginap dua malam, akan mendapatkan gratis satu malam. Atau layanan spa gratis bagi yang sudah memesan kamar. Dipastikan liburan Anda pasti akan jauh lebih menarik.

6. Pilih lokasi wsiata terdekat namun tetap menarik dan terkesan spesial

Agar wisata bisa hemat, anda dapat menjadikan lokasi wisata yang paling dekat namun tetap menarik dan memberikan kesan spesial buat anda dan keluarga. Tidak perlu memaksakan diri berlibur ke luar negeri. Banyak, kok, tempat-tempat di Indonesia yang mengagumkan dan tak kalah menarik dengan di luar negeri. Atau malah liburan di dalam kota tempat Anda tinggal.

7. Sewa Mobil

Ada baiknya mencari data lebih dulu tentang daerah yang akan dikunjungi. Salah satunya moda transportasi, misalnya, dari bandara ke hotel. Siapa tahu ada bus yang melewati hotel tempat Anda menginap. Jadi, tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk taksi.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menyewa mobil selama berwisata. Banyak sekali penyedia sewa mobil yang mempromosikan harga murah. Anda bisa bebas memilihnya dengan meminta referensi dari hotel atau teman yang pernah berkunjung ke sana.

8. Berburu Langsung

Cenderamata memang kelihatan sepele, tapi tak ada salahnya Anda membeli sebagai kenang-kenangan kalau Anda sudah pernah ke tempat tersebut. Pasar tradisional atau berburu langsung ke tempat pembuatannya, ternyata punya kesan sendiri. Selain bisa melihat langsung cara pembuatannya, harganya pun biasanya lebih murah, dibanding bila sudah masuk ke toko suvenir.

9. Cermat dan pandi-pandai Memilih

Pilihlah tempat wisata yang benar-benar unik, bagus, dan ada ciri khasnya. Jangan sampai Anda pergi ke tempat yang tidak menarik, kurang diminati orang, dan biayanya mahal. Bisa-bisa Anda tak menikmati, tapi malah kecewa.

10. Pilih alat transportasi yang nyaman dan ekonomis

Sebaiknya anda memilih alat transportasi liburan yang nyaman dan ekonomis. Melakukan perjalanan dengan pesawat memang lebih cepat, namun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal. Namun, jika Anda menikmati perjalanan darat memakai mobil, ini akan menjadi pilihan yang menyenangkan. Selama perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan sekaligus menambah pengetahuan tentang daerah tersebut.

Itulah 10 tips liburan hemat dan murah yang dapat anda jadikan pilihan alternatif bersama keluarga dan teman-teman.

Related Posts