Yang Menarik Di Kabupaten Rembang

shares |

Gambar Kabupaten Rembang, Kota Rembang Jawa Tengah

Rembang adalah salah satu Kabupaten Di Provinsi Jawa Tengah. Berada di pesisir Pantai Utara Jawa dan merupakan kabupaten paling Timur Provinsi Jateng. Kabupaten Rembang berbatasan dengan Teluk Rembang (Laut Jawa) di utara, Kabupaten Tuban(Jawa Timur) di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di bagian barat.

Kabupaten Rembang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi gerbang sebelah timur Provinsi Jawa Tengah. Daerah perbatasan dengan Jawa Timur (seperti di Kecamatan Sarang, memiliki kode telepon yang sama dengan Tuban (Jawa Timur).

Bagian selatan wilayah Kabupaten Rembang merupakan daerah perbukitan, bagian dari Pegunungan Kapur Utara, dengan puncaknya Gunung Butak (679 meter). Sebagian wilayah utara, terdapat perbukitan dengan puncaknya Gunung Lasem(ketinggian 806 meter). Kawasan tersebut kini dilindungi dalam Cagar Alam Gunung Celering.

Ada banyak sekali yang menarik di Kabupaten Rembang. Mulai dari tempat wisata, tempat bersejarah, kebudayaan, dan makanan khas.

Salah satu yang paling membanggakan di Kabupaten Rembang adalah terdapat salah satu Makam Pahlawan pergerakan emansipasi wanita Indonesia yaitu R.A. Kartini. Makamnya terletak di Desa Bulu – Mantingan Kabupaten Rembang tepat berada di jalur Rembang – Blora.

Sejarah Rembang

Menarik jika membaca sejarah Rembang. Dikutip dari id.wikipedia.org tentang Sejarah Kabupaten Rembang mulai tahun 1336.

Sumber lain tentang Rembang dapat diambil dari sebuah manuskrip/tulisan tidak di terbitkan oleh Mbah Guru. Di sebutkan antara lain: “kira-kira tahun Syaka 1336 ada orang Campa Banjarmlati berjumlah delapam keluarga yang pandai membuat gula tebu ketika ada di negaranya” Orang-orang tadi pindah untuk membuat gula merah yang tidak dapat di patahkan itu.Berangkatnya melalui lautan menuju arah barat hingga mendarat di sekitar sungai yang pinggir dan kanan kirinya tumbuh tak teratur pohon bakau. Kepindahannya itu di pimpin oleh kakek Pow Ie Din; setelah mendarat kamudian mengadakan do’a dan semedi, kemudian di mulai menebang pohon bakau tadi yang kemudian di teruskan oleh orang-orang lainnya.

Tanah lapang itu kemudian di buat tegalan (Ladang) dan pekarangan serta perumahan yang selanjutnya menjadi perkampungan itu dinamakan kampung : KABONGAN; mengambil kata dari sebutan pohon bakau, menjadi Ka-bonga-an (Kabongan). Pada suatu hari saat fajar menyingsing di bulan Waisaka; orang-orang akan mulai ngrembang (mbabat, Ind : memangkas) tebu. Sebelum di mulai mbabat diadakan upacara suci Sembayang dan semedi di tempat tebu serumpun yang akan dikepras/dipangkas dua pohon, untuk tebu “Penganten”.Upacara pengeprasan itu dinamakan “NgRembang”, sampai di jadikan nama Kota Rembang hingga saat ini.”Menurut Mbah Guru, upacara ngRembang sakawit ini dilaksanakan pada hari Rabu Legi, saat di nyanyikan Kidung, Minggu Kasadha. Bulan Waisaka, Tahun Saka 1337 dengan Candra Sengkala : Sabda Tiga Wedha Isyara. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Rembang

Makanan Khas Rembang

Ada banyak sekali makanan khas di Rembang. Salah satu yang paling terkenal yaitu Lontong Tuyuhan dari desa Tuyuhan dan Pereng Rembang. Ada lagi yang popular yaitu Sayur merica, Sate Sarepeh, Dumbeg, Sayur Kepala Ikan Mangut, Jenang Waluh, Terasi Petis Bonang, Serabeh dan masih banyak lagi yang lainya.

Tempat Wisata di Kabupaten Rembang

Gambar tempat wisata di bulu Mantingan Kabupaten Rembang

Banyak sekali Tempat wisata di Rembang yang menarik dan mengagumkan. Mulai dari taman Krtini Rembang, pantai Karang jahe, Pantai Caruban Lasem, Pantai Jati Sari Suluke, Makam R.A. Kartini, Gunung Gede dan Puncak Argo Puro, Air Terjun, Hutan Bakau (kawasan Mangroove), Petilasan dan Pasujudan Sunan Bonang, Wisata Bendungan Panoan, Bendungan Lodan, dan masih banyak lagi tempat wisata menarik di Kabupaten Rembang.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang Kabupaten Rembang. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda. Dan jangan lupa bagi Anda orang luar rembang untuk datang ke Rembang ya.

Related Posts