Jalan-Jalan Ziarah Ke Makam RA Kartini Di Mantingan Rembang

shares |

Gambar tampak depan makam RA Kartini di Rembang

Salah satu tempat wisata religi di Rembang adalah ziarah ke makam Pahlawan pejuang hak-hak kaum wanita yaitu R.A Kartini. Lokasi makam kartini berada di Desa Bulu Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, jawa Tengah.

Gambar gapuro makam RA Kartini di Bulu Mantingan Kabupaten Rembang


Mengenal Sosok Kartini

Gambar foto RA (Raden Ajeng) Kartini dalam kenangan

RA (Raden Ajeng) Kartini adalah Pahlawan emansipasi wanita di Indonesia. Beliau adalah sosok yang membela dan memperjuangkan hak-hak kaum wanita Indonesia. Kartini adalah perempuan yang cerdas dan pintar. Lahir di Jepara dan wafat di Rembang.

Kartini hidup dikalangan bangsawan feodal ting gi, yang tidak sesuai dengan cita-citanya yg luhur dan demokratis.

Keluarga memberi ijin kepada Kartini masuk sekolah dasar Belanda ( EuropescheLagereSchool) di Jepara, sehingga beliau menjadi pandai berbahasa Belanda.

Dari sinilah kemudian Kartini berkenalan dengan teman-teman dan berkenalan pula dengan alam hidup barat. Betapa jauh perbedaan kedudukan wanita barat dengan wanita Jawa.

Gambar lokasi pintu masuk makam RA Kartini bulu rembang

Dari situlah ia sadar wanita bangsawan harus membimbing kaumnya kearah kemajuan. Hasrat ingin melanjutkan sekolah ke Semarang atau Betawi terhalang oleh adat yang mengharuskan ia di “pingit” karena usianya telah 12 tahun. Dalam masa pingitan ini ia melanjutkan cita-citanya mendirikan sekolah untuk anak-anak para priyayi.

R.A. Kartini wafat pada tahun 1904 dan dimakamkan di desa Bulu Kecamatan Bulu terletak 17,5 Km ke arah selatan kota Rembang. Lokasi tersebut mudah dijangkau dengan kendaraan umum.Berada di jalur Rembang – Blora.

Gambar foto batu nisan di Makam RA Kartini

Gambar bfoto dalam makam tempak batu nisan RA Kartini

Kartini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Lebih-lebih kaum wanita. Perjuangannya mendapat pengakuan dari Negara sehingga dia dinobatkan sebagai Pahlawan pejuang emansipasi wanita.

Saat ini lokasi makan R.A. Kartini digunakan sebagai tempat wisata religi di Rembang. Banyak wisatawan yang berziarah di sana apalagi pada tanggal kelahirannya yakni setiap tanggal 21 April. Di lokasi tersebut terdapat pula makam suami dan putra satu-satunya R.A. Kartini juga makam keluarga Bupati Rembang pada masa Kepemimpinan R.M.A.A. Djoyodiningrat. Setelah berziarah biasanya para Wisatawan menikmati makanan khas dan berbagai Cinderamata yang telah dipamerkan di lokasi obyek tersebut. Sebagai kenangan tersendiri setelah pulang di daerah masing-masing.

Akses ke lokasi makam R.A. Kartini sangat mudah karena letaknya berada di jalur lintas Rembang - Blora. Banyak angkutan yang ke lokasi makam.

Related Posts